Minggu, 05 April 2020

Chapter X Simple Past Tense



3.10 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense) 


4.10 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Chapter X
Simple Past Tense

Simple Past Tense 
Hello students, tahukah kamu bahwa semua kisah di masa lalu itu diceritakan dengan menggunakan simple past tense? Yap, Simple Past Tenses digunakan untuk mengungkapkan suatu tindakan atau kejadian yang terjadi di masa lalu. Jadi, kejadian yang diceritakan dimulai dan berakhir di masa lalu. 

Rumus Simple Past Tense
Simple Past Tense menggunakan verb 2 sebagai kata kerjanya. Simple Past Tense menggunakan keterangan waktu yang menunjukkan kejadian tersebut terjadi di masa lalu dengan adanya kata yesterday (kemarin), last week (minggu lalu), last night (kemarin malam), last friday (jumat lalu), a year ago (setahun yang lalu), dan lain lain. Berikut ini adalah rumus dari Simple Past Tense.









 Contoh Kalimat Simple Past Tense 

Contoh kalimat verbal (terdapat kata kerja)

1. The thief  walked through the window to steal your phone (Pencuri berjalan melewati jendela untuk mencuri ponselmu)

2. My mother went to London a month ago with my father (Ibuku pergi ke London sebulan yang lalu)

3.  I fed my cat in the morning, now he is sleeping (Aku memberi makan kucingku pagi ini, sekarang dia sedang tidur)

4. My sister ate all the pudding on the fridge last night (Saudara perempuanku memakan semua puding yang ada di dalam kulkas malam tadi)

5.  I didn't take the scholarship to go abroad because i have no money to stay there (Aku tidak mengambil beasiswa ke luar negeri karena aku tidak punya uang untuk diam disana)



Contoh kalimat Nominal ( setelah subjek menggunakan kata sifat/benda)

1.  I was so sleepy when i came to the office (Aku sangat mengantuk ketika aku datang ke kantor)

2. The weather was so good to play sand on the beach yesterday(Cuacanya sangat bagus untuk bermain pasir di pantai kemarin)

3.  I was in Japan last year (aku di jepang tahun kemarin)

4. I was late yesterday (aku terlambat kemarin)

5.Those shoes were expensive (sepatu sepatu itu mahal)





0 komentar:

Posting Komentar

 

Aisyah_Zakiyah's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design